PUJIMIN NAIKKAN KADAR ALBUMIN

20 Aug

PUJIMIN NAIKKAN KADAR ALBUMIN

Cocok di konsumsi Penderita Ginjal, TBC dan HIV/AIDS.
Jarang orang tahu kalau ikan gabus yang baunya sangat amis, merupakan penghasil albumin yang dibutuhkan tubuh. Manfaat lainnya untuk kesehatan perlu diketahui.Ikan gabus atau dalam bahasa ilmiahnya disebut Channa Striata merupakan sejenis ikan buas yang hidup di air tawar. TAk sedikit pula ynag hidupnya di rawa-rawa. Rupanya memang jelek. Baunya yang amis. Ini yang membuat tidak semua orang menyukainya. Padahal, dari segi rasa, ikan ini sangatlah lezat jika di konsumsi. Tak sulit untuk memperoleh ikan ini, karena mudah ditemukan di pasar-pasar tradisonal, bahkan pasar-psar modern.
Guru besar gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. dr. Nurpudji A. Taslim, MPH, SpGK, mengatakan, belum banyak orang yang menjadikan ikan gabus sebagai lauk favorit. Padahal, ikan gabus juga memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan.
Sejak tahun 1994, kami melakukan penelitian tentang manfaat dan kandungan albumin dalam ikan gabus. Ternyata manfaatnya sangat tinggi, membuat ikan gabus dapat digunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan beragam penyakit. Kata Nurpudji saat ditemui di Pusat Kajian Penelitian (PKP) Unhas.
Nurpudji bersama rekan-rekannya di Universitas Hasanuddin berhasil membuktikan kandungan albumin didalam ikan gabus itu. “Ide penelitian ikan gabus ini berawal dari kebiasaan masyarakat Sulawesi Selatan di beberapa daerah yang selalu memberikan menu ikan gabus jika ada yang sakit. Katanya, ada manfaat namun tidak bias membuktikan secara ilmiah”.
Ia pun bersama rekan-rekannya melakukan uji coba dengan memberikan masakn ikan gabus kepada pasien di Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar. Setlah pasien mengonsumsi ikan gabus, efeknya meningkat luar biasa. Kadar albumin pasien meningkat lebih cepat. Akan tetapi membuat pihak rumah sakit merasa kesulitan karena penyediaannya yang rumit, harus dibuat dalam bentuk bubuk dulu.
Selain alas an penyajiannya yang rumit, komposisinya juga tidak pas. Akhirnya, Kepala Bagian Gizi Fak. Kedokteran ini bersama rekan-rekannya mengakali dengan membuat ekstrak ikan gabus dalam bentuk cairan yang nantinya dimasukkan melalui pipa saluran makanan. “Ya,memang cara ini berhasil meningkatkan kadar albumin, akan tetapi banyak pasien yang tetap menolak karena baunya yang amis, sehingga membuat mereka mual dan ingin muntah. Lagi – lagi, kami juga merasa ini belum efektif.
Nurpudji dan rekan – rekannya terus melakukan penelitian tentang cara efektif yang harus diambil. Akhirnya dia dan rekan – rekannya menemukan cara yang dianggap jauh lebih efektif. Ikan gabus dibuat ekstrak dalam bentuk tubuh lalu dimasukkan ke dalam kapsul. Hasil penelitian yang dilakukan sejak Tahun 1994 itu, lalu didaftarkan permohonan patennya dengan nomor P00200600144, berjudul produk konsentrat protein ikan gabus, Deparremen Kehakiman mengumumkan pada 8 Maret 2007 dengan nomor publikasi 047.137.A.
Nurpudji mengaku cara ini sudah terbukti. Pemberian kapsul kepada pasien jauh lebih mudah. Tak ada yang menolak karena seperti layaknya minum obat biasa. Juga, tak perlu repot memasak dan tak perlu takut dosisnya kurang.
Ia menambahkan bahwa kapsul memudahkan masyarakat yang sakit dan kurang mampu. “ Selain untuk menyembuhkan penyakit, kami berusaha memberikan pelayanan yang murah kepada masyarakat yang kurang mampu dengan kualitas yang baik.
Ia berharap dengan hadirnya kapsul itu bisa menolong dan membantu pasien. Kapsul ekstrak ikan gabus pun dikirim ke berbagai posyandu, puskesmas, dan rumah sakit di beberapa daerah di Indonesia. Selain untuk membantu pasien yang tak mampu, juga dalam rangka meyakinkan para dokter bahwa kapsul tersebut memang benar – benar dapat digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Terbukti, pasien dengan luka habis yang besar, dan TBC, bisa sembuh lebih cepat.
Berkisar 10 sampai 14 hari kadar albumin bisa naik 0,6 sampai 0,8. Untuk penderita HIV/AIDS, bahkan kadar albuminnya juga bisa naik sehingga berat badan si penderita naik perlahan – lahan.

KAPSUL, ALTERNATIF PENGOBATAN MURAH

Kapsul ekstrak ikan gabus yang diberi merek pujimin, bisa dijadikan alternative pengobatan yang sangat murah. Bayangkan, anak yang berkadar albumin rendah harus diberi infus berharga Rp. 1,4 juta per botol. Minimal pemberian adalah 3 botol. Jika dikalikan, maka biaya yang harus dikeluarkan adalah Rp. 4,2 juta.
Bila kebutuhan infuse lebih banyak, tentu biaya yanga dikeluarkan pun jauh lebih besar. Tak heran bila banyak orangtua dari kalangan tak mampu sering mengeluhkan besarnya biaya pengobatan.
“Saya tidak tega melihat Ibu yang memiliki anak gizi buruk, namun tak bisa berbuat apa-apa”, kata Guru besar gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Hasanuddin Nurpudji A. Taslim.
Nah, dengan kapsul albumin dari ikan gabus berharga Rp. 3.000 per biji, bila pemberiannya dua kapsul sekali minum sehari 3 kali selama 10 hari, maka total biaya yang harus dikeluarkan hanya Rp. 180.000,00 (SERATUS DELAPAN PULUH RIBU RUPIAH)
Tentu biaya ini jauh lebih terjangkau, sementara kemampuan menaikkan kadar albuminnnya pun sama. Terbukti, dari penelitian yang dilakukan Nurpudji, pemberian kapsul dapat meningkatkan berat badan anak 1 kg setiap bulan.
Keresahan Nurpudji terhadap banyaknya kasus gizi buruk pada anak, akhirnya bisa terobati. Sebab kini mereka tak perlu membayar mahal bila ingin memperbaiki masalah gizi anak. Mereka bisa menggunakan kapsul atau biscuit albumin ikan gabus. Atau, mereka bisa memberikan lauk ikan gabus pada anak – anak mereka.

PENTING UNTUK KECERDASAN ANAK

Albumin merupakan bagian dari protein yang sangat penting untuk tubuh. Guru besar gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin, Nurpudji A. Taslim, mengatakan, tubuh kita terdiri atas 60 persen plasa albumin. Albumin berada di dalam darah dan berfungsi mengatur keseimbangan air dalam sel, memberikan gizi pada sel, dan mengeluarkan produk buangan. Selain itu, albumin juga berfungsi mempertahankan pengaturan cairan dalam tubuh.
Bila kadar albumin rendah, maka protein yang dikonsumsi anak akan pecah. Protein yang seharusnya dikirim untuk pertumbuhan sel, menjadi tidak maksimal. Pada anak yang kekurangan albumin pun, seperti penderita TBC, maka obat yang diminum daya kerjanya kurang maksimal.
Khusus anak yang sedang berada di fase golden age (1 – 5 tahun), kekurangan albumin sangat mengganggu pertumbuhan otaknya. Semakin mengganggu pertumbuhan otaknya. Semakin sedikit albumin , pertumbuhan sel di otak akan semakin sedikit. Sel yang sedikit membuat anak tak tumbuh lebih cerdas.
Kadar albumin normal dalam tubuh antara 3,5 – 4,5. Bila kurang dari 2,2 menunjukkan masalah pada tubuh. “Umumnya, masalah gizi, karena zat gizi yang dibawa dalam darah sangat kurang sehingga tak bisa member gizi pada sel. Hal ini akan mempengaruhi kesehatan anak. Bisa saja anak kekurangan gizi ini pun berdampak terhadap daya kekebalan tubuh yang sangat rendah sehingga anak mudah sakit. Anak yang menderita penyakit tertentu, semisal TBC, akan lebih lama disembuhkan”, katanya.
Sebenarnya, tubuh memiliki cadangan albumin yang bisa digunakan bila asupan albumin sangat kurang. Letaknya berada di dalam otot. Namun, bila albumin cadangan ini diambil terus – menerus, anak akan mengalami gangguan berat badan. Ia terlihat sangat kurus dan tubuh tidak bugar. Tak heran bila anak yang sangat kurus diindikasikan kekurangan albumin di dalam tubuhnya.
Berbeda bila kadar albumin di dalam tubuh mencukupi, selain daya tahan tubuh meningkat, proses penyembuhan dari penyakit pun lebih cepat. Bila pun kelebihan biasanya disimpan di jaringan lemak dan tak akan membahayakan anak. “Tapi anak yang mengalami kelebihan albumin jarang sekali ditemukan. Ia juga melakukan penelitian terhadap dua anak dengan gizi buruk yang sedang dalam pengobatan. Anak pertama diberikan biscuit yang tak mengandung albumin, sedangkan anak kedua diberikan biscuit yang mengandung albumin. Hasilnya, anak yang diberikan biscuit dengan kandungan albumin ikan gabus, berat badannya naik lebih cepat bertambah.

6 Responses to “PUJIMIN NAIKKAN KADAR ALBUMIN”

  1. qoidamos August 27, 2008 at 3:24 am #

    Merokok Dapat Memperburuk Fungsi Ginjal
    Merokok memang memiliki cukup banyak pengaruh yang buruk bagi kesehatan kita. Sebuah penelitian terbaru telah menambah satu lagi keburukan dari kebiasaan merokok, yaitu menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal.
    Perokok yang menderita diabetes diketahui akan mengalami penyakit ginjal lebih cepat dibandingkan penderita diabetes yang tidak merokok. Dan belakangan ini, para peneliti juga menyatakan bahwa para perokok yang tidak menderita diabetes pun, akan lebih mungkin untuk menderita gangguan ginjal.
    Pada sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 8.000 orang, para peneliti menemukan bahwa perokok ringan maupun perokok berat akan lebih mungkin memiliki kandungan albumin dalam air seni-nya dibandingkan mereka yang tidak merokok. Albumin merupakan suatu protein yang menunjukkan fungsi ginjal yang buruk.
    Mereka yang merokok relatif ringan (kurang dari satu pak rokok per hari) mempunyai kemungkinan dua kali lebih besar untuk memiliki kandungan protein albumin dalam air seni-nya dibandingkan mereka yang tidak merokok. Sedangkan pada perokok berat (lebih dari satu pak rokok per hari) akan mempunyai peluang lebih dari dua kali lebih besar untuk memiliki masalah tersebut.
    Hasil studi tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal Annals of Internal Medicine yang menyimpulkan bahwa merokok dapat dikaitkan dengan tingkat albumin yang lebih tinggi dan fungsi ginjal yang abnormal. Namun, efek-efek tersebut biasanya kurang menonjol atau tidak terlihat pada para mantan perokok

  2. nina November 25, 2008 at 12:45 am #

    betul

  3. yanti December 2, 2008 at 6:03 am #

    Siang pak…. mau tanya dong….
    Saya.. mau beli kapsul ekstrak ikan gabus ini,…. berapa harganya… dan dimana saya bisa dapatkannya……
    Atau… kalao… boleh saya bisa jadi distributornya…. gimana.. caranya ?……

    Makasih sebelumnya yach pak….

    Salam

    Yanti

    • brian July 6, 2009 at 1:52 am #

      pagi pak..
      saya mau tanya…
      gimana cara kerja dan bentuk usahanya…
      dan kalo mo jadi agen gimana…
      trimakasih

    • pujiminkapsul September 28, 2011 at 1:58 pm #

      HUBUNGI SAYA VIA EMAIL druwijaya@yahoo.co.id

  4. cyntia December 8, 2008 at 2:11 am #

    ada / tidak agen pujimin kapsul disurabaya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: